Sabtu, 22 November 2014

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN


Judul Buku : KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN
Pengarang : Prof. Dr. h. Afifudin, M.M
Penerbit : Pustaka Setia
Cetakan  :  Ke-1
Tahun Terbit : 2012
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : 360 hlm
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 16 x 24 cm
Berat : 500 gram
Kondisi : Baru
Harga :  Rp       45,000 diskon 20%
Bayar :  Rp       36,000
Stock : 1




KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN
Pengarang: Prof. Dr. h. Afifudin, M.M
Penerbit: Pustaka Setia

DAFTAR ISI

BAB 1 PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN GLOBAL
Pendahuluan
Jejak Pendidikan (Agama) Islam
Pengertian Pendidikan Islam
Hakikat Pendidikan Islam
Dasar-clasar Pendidikan Islam
Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu
Model dan Sistem Pendidikan Islam
Lembaga Pendidikan
Kurikulum Pendidikan Islam
Media Pendidikan Islam
Metode Pendidikan Islam
Pemahaman Baru Pendidikan Islam Menghadapi Globalisasi
Pembaharuan Pendidikan Islam

BAB 2 OTONOMI DAN REFORMASI PENDIDIKAN
Tripusat Pendidikan "Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat"
Guru sebagai Salah Satu Kunci Keberhasilan Pendidikan
Guru di Garda Terdepan Pendidikan
Manajerial Pendidikan dan Otonomi Sekolah
Masyarakat
Reformasi Sistem Pendidikan Nasional
Agenda Reformasi Sistem Pendidikan Nasional
Paradigms Baru Pendidikan Nasional
Pendidikan Adalah Kerja Akademik
Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003
Peran Serta Masyarakat
Tantangan Globalisasi
Perubahan Jalur Pendidikan
F Pendidikan Multikulturalisme di Indonesia
Konsep Multikulturalisme
Pendidikan Multikulturalisme
Pendidikan Multikultural Menuju Civil Society
Strategi Pembangunan Pendidikan Berkualitas
Menghadapi Arus Globalisasi
Dekadensi Moral Melemahkan Potensi
Kesenjangan Social
Generasi Penyumbang
Penguatan Nilai Budaya
Pembaruan Pendidikan Islam Suatu Keharusan

BAB 3 MEMAHAMI KEMBALI PROOESI KEGURUAN
Pandangan Mengenai Profesi Guru
Reorientasi Pengembangan Profesionalitas Guru
Sikap Profesional Keguruan
Pengertian Profesionalisme Guru
Sasaran Sikap Profesional Guru
Kompetensi Profesionalisme Guru
Langkah Strategic Mewujudkan Guru sebagai Profesi
Interaksi dan Profesionalisme Guru
Upaya Peningkatan Produktivitas Guru

BAB 4 PENDIDIKAN ISLAM DAN MODERNISASI
Pendidikan Agama Islam
Pengertian Pendidikan Agama Islam
Tujuan Pendidikan Agama Islam
Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam
Pembaharuan Pendidikan Tinggi Islam
Pendidikan dalam Menciptakan Sikap Demokratis
Khazanah Islamisasi Ilmu
Pengantar Epistemologi Islam
Metode Irfani Alternatif Epistemologi Islam
Pendidikan Islam dan Upaya Pengembangan Madrasah
TitikTemu Pembelajaran Agama Islam dengan Sains                        
Al-Quran Sumber Ilmu Pengetahuan                              
Al-Quran dan Pembelajaran Konkret                              

BAB 5 MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
Konsep Dasar dan Prinsip MBS                      
Karakteristik MBS
Komponen yang Didesentralisasi
Manfaat Penerapan MBS
Konsensus MBS
Otonomi dan Manajemen Berbasis Sekolah
MBS dan Peningkatan Mutu Pendidikan
Model Manajemen Berbasis Sekolah
Peran Pihak dalam MBS
Konsep Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah
Pengertian Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah
Strategi Pelaksanan di Tingkat Sekolah
Prospek Guru dalam MBS
Kepemimpinan dalam Manajemen Berbasis Sekolah
Kritik terhadap Sistem MBS
lklim Organisasi Pendidikan Islam

BAB 6 PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Masalah dan Kendala                       
Manajemen Guru                              
Pendidikan Guru                               
Karakteristik Lingkungan Kerja Guru
Motivasi Pendidikan dalam Al-Quran
Pembagian Motivasi
Fungsi Motivasi
Aplikasi Motivasi dalam Pendidikan
Fungsi Psikomotorik
Guru Profesional, Sejahtera, dan Terlindungi
Problem Pendidikan Guru dan Tenaga Kependidikan
Perencaanaan dalam Pembelajaran                                
Pengertian Perencanaan Pengajaran                               
Masalah Pokok dalam Perencanaan Pengajaran
Proses Perencanaan Pengajaran
Jenis Perencanaan Pengajaran
Pengajaran merupakan Suatu Sistem
Prinsip-prinsip Pengajaran
Masalah Mendidik Guru Berkualitas
 Dasar dan Tujuan Pendidikan Agama Islam
Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam
Tujuan Pendidikan Agama Islam
Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam

BAB 7 PESANTREN DAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA -
Sejarah Pondok Pesantren
Pondok Pesantren dan Perkembangannya
Elemen-elemen Pesantren
Menyikap Nilai di Dunia Pesantren
Menyikap Moralitas Pesantren
Pesantren dan Tantangan Modernitas
Pendidikan Pesantren dalam Prespektif Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional
DAFTAR PUSTAKA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar