Judul Buku | : | SUPERVISI PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN KAPASITAS GURU | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong. M. Pd | |
Penerbit | : | Alfabeta | |
Cetakan | : | Ke-2 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 250 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 45,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 38,250 | |
Stock | : | 1 |
SUPERVISI PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN KAPASITAS GURU
Pengarang: Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong. M. Pd
Penerbit: Alfabeta
DAFTAR ISI
BAB I KONSEP DASAR SUPERVISI PEMBELAJARAN
Pengertian
Tujuan Supervisi Pembelajaran
Fungsi Supervisi Pembelajaran
Prinsip-prinsip Supervisi Pembelajaran
Tugas Supervisor (Pengawas)
Proses Kepemimpinan dalam Supervisi Pembelajaran
Kompetensi Pengawas Pendidikan
Kompetensi Pengawas Pendidikan di Indonesia
BAB II PERILAKU PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN
Perilaku Direktif
Perilaku Nondirektif
Perilaku Collaborative
Menganalisis Perilaku Mengajar Guru
Supervisor Sebagai Mitra Kerja Guru
BAB III MODEL-MODEL KEPENGAWASAN PENDIDIKAN
Cooperative Professional Development (CPD)
Individualized Professional Development (IPD)
Clinical Supervision (CS)
Informal Supervision
Supportive Supervision
BAB IV PERENCANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN
Menyusun. Program Supervisi
Karakteristik Perencanaan Supervisi
Faktor-faktor yang Diperlukan Dalam Perencanaan Supervisi
BAB V STRATEGI IMPLEMENTASI KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS
Proses Supervisi Pembelajaran
Keterampilan Supervisor/ Pengawas Pendidikan
Teknik-teknik Supervisi Pembelajaran
BAB VI MEMBIMBING GURU MENGELOLA KELAS DAN PEMBELAJARAN BERNUANSA PAKEM
Pengertian
Penataan Kelas
Prinsip-prinsip Penataan Kelas
Keterkaitan Penataan Kelas dengan Model-model
Pembelajaran
Model-model Pembelajaran
BAB VII PENGEMBANGAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU
Kualifikasi Akademik Guru
Kualifikasi Akademik Guru Melalui Uji Kelayakan
clan Kesetaraan
Standar Kompetensi Guru
Standar Kompetensi Guru PAUD/TK/RA
Standar Kompetensi Guru Kelas SD/MI
Standar Kompetensi Guru SMP/MTs, SMA/MA, clan SMK/MAK
Peningkatan Kemampuan Guru Merancang Pembelajaran
Bernuansa PAKEM
Pengembangan RPP Bernuansa PAKEM
Kata-kata Operasional Indikator Pembelajaran
BAB VIII IMPLEMENTASI KOMPETENSI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS
Otonomi Daerah dan Implementasi MBS
Tujuan MBS
Kewenangan yang Disentralisasikan
Prinsip-prinsip MBS
Karakteristik MBS
MBS sebagai Model Peningkatan Mutu Sekolah
Sekolah Bermutu Memuaskan Pelanggan (Customer)
BAB IX MEMFASILITASI GURU MENGELOLA PAKEM
Pengertian
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam PAKEM
Metode Pembelajaran Model PAKEM
Lingkungan sebagai Sumber & Media Pembelajaran
BAB X PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MENGELOLA PENILAIAN BERBASIS KELAS
Pengertian
Model-model Penilaian
Teknik Penilaian Proyek
Portofolio,
Penilaian Sikap
BAB XI PENGUATAN KARAKTER GURU BERBASIS ESQ
Pengertian
Jenis-jenis Karakter Guru
Meneladani Malaikat dan Nabi Muhammad
Implementasi Asmaul Husna dalam Pendidikan Karakter
Revitalisasi Peran Guru
Pengembangan Kecerdasan Intelektual
Pengembangan Kecerdasan Emosional
W PoncypmInnnann Warprdncnn q"iribin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar