Judul | : | PENDIDIKAN ANAKKU TERLAMBAT BICARA | |
Pengarang | : | Julia Maria Vantiee | |
Penerbit | : | Prenada | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 488 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 23 cm | |
Berat | : | 600 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 92,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 78,200 | |
Stock | : | 1 |
PENDIDIKAN ANAKKU TERLAMBAT BICARA
Pengarang: Julia Maria Vantiee
Penerbit: Prenada
DAFTAR ISI
BAGIAN I TERLAMBAT BICARA (Gangguan Bicara dan Bahasa Ekspresif)
Adakah Masalah di Baliknya?
Gara-gara Prognosis Baik jadi Terabaikan ?
Sebagai Anak Berisiko Mereka Perlu "Benders Merah"
Gangguan Bicara dan Bahasa Spesifik sebagai Gangguan Primer
Gangguan Bicara dan Bahasa Spesifik
Afasia
Klasifikasi Gangguan Komunikasi dan Bahasa
Mixed Receptive-Expressive •Language Disorder dari DSM IV dan DSM IV-TR
Satu Anak Berbagai Istilah
Multisystem Developmental Disorder (MSDD)
Maturity Delayed
Dysphasia
Specch Delayed
Speech and Language Expressive Disorder
Specific Language Impairment
Centrum Auditory Processing Disorder (CAPD)
Pure Dysphatic Development
Gifted Visual Spatial Learner
Disynchronous Developmental
Fewyebabnya Genetik
Tak Pernah Disangka jika IQ-nyaTinggi
Wajari Dahulu Perkembangan Normal
Periode Pra-Lingual atau Pra-Verbal
Usia 6 Minggu Hingga 4 Bulan
Usia 4-7 Bulan
Usia 7-12 Bulan
Periode Lingual Dini atau Awal Verbal (1 -2,6 Tahun)
Periode Diferensiasi (Sekitar Usia 2,6 — 5 Tahun)
Aspek Pragmatik dan Metalinguistik yang Komunikatif
Perkembangan Kosakata Anak
Pembentukan Kalimat
Memori bahasa dan Mencari Daftar Kata dalam Memori......
Ikuti PolaAlanniahTurnbuh Kembangnya
Konsep Metamorphose Belahan Otak (Hemisfer)
Dominasi Otak Sebelah Kanan dan Visual Learner
Bagaimana Penjelasannya?
Tampilan Gejala
Kemampuan Reseptifnya Baik
Kemampuan Bahasa Nonverbalnya Baik
Perkembangan Pemahaman dan Perasaan
terhadap Situasi Sosial Juga Baik
Do. Kaitannya dengan Perkembangan Bicara
Perkembangan Fantasi dan Imajinasi
Kefkesibelan Terhadap Perubahan dalam Situasi Sosial
Bagaimana Gejalanya Jika Anak Kita Mempunyai Keterbatasan Berbahasa Nonverbal?
CuekTak Mau Merespons Panggilan?
Dalam Dunianya Sendiri?
Keterlambatan atau Kelemahan Bahasa
Dianogsis Pembanding
Bagaimana Membedakannya dengan Autis?
Bagaimana Cara Mengetahui bukan Learning Disabilities?
Komorbiditas (Gangguan Lain yang Mengikutinya atau yang Muncul Secara Bersamaan)
Tidak Berperilaku RepetitifAutisme
(Gerakan Berulang-ulang)
Perilaku Bermasalah
Rigiditas?
Dibutuhkan Pendekatan Multidisiplin (Dalam Deteksi, Diagnosis, Interversi, dan Pendidikannya)
Apa Itu Ortopedagog?
Psikolog
Dokter
Speech Language Pathologist dan Terapis Wicara
Terapi Gerak (Physiotherapy) dan Terapi Okupasi
(Occupational Therapy)
Perlu Penanganan DuaArah
Diperlukan Laporan Detail
Stimulasi dan Faktor yang Perlu Diperhatikan
Konsentrasi
Pemrosesan Informant Auditory
Oral Motor
Kemampuan Bicara (Kelancaran, Gagap, Pemalu)
Penanganan Gangguan Berbahasa
Perkembangan Kemampuan Fonologis
Perkembangan Kemampuan Morfologi Bahasa
Perkembangan Kemampuan Pernahaman Bahasa (Aspek Semantik)
Perkembangan Secara Kuantitatif
Bagaimana dengan Anak-Anak Multibahasa?
Perkembangan secara Kualitatif
Pengelompokan Kata-kata Baru
Neologisms
Perkembangan Kemampuan membangun Gramatika (Aspek Sintaksis)
Perkembangan Kemampuan Pragmatika Bahasa (Aspek Pragmatik)
Faktor yang Perlu Diperhatikan pads Saat Intervensi
Intervensi Memerlukan Pemahaman FaseTumbuh
Kembang
Intervensi Memerlukan Kontak Sosial
Intervensi Memerlukan Pendekatan pads Minat dan Karakteristik Anak
Intervensi Perlu Memanfaatkan Inner Language
Intervensi Adalah dalam Bentuk Stimulasi bukan Training
jangan Lupa jika Ada Gangguan Ikutan (Komorbiditas)
Fase-fase Intervensi
Fase Praverbal
Fase Awal Verbal
Fase Verbal
Evaluasi dan PencapaianTujuan
BAGIAN 2 KEBERBAKATAN (GIFTEDNESS)
Bukan Sekadar Perkembangan Kognitif
Tipenya Ternyata Banyak
Tipe gifted menurut Betts & Neihart (1988)
Tipe I (The Success full)
Tipe II (The Challonging)
Tipe 111 (The Underground)
Tipe IV (The Drop Out)
Tipe V (The Double Labeled)
Tipe V1 (The Outonomous Learner)
Anak Kita yang Mana?
Model Giftedness
Bukan Hanya Mengukur IQ
Tiga Model Giftedness yangTerkenal
The Three Ring dari Renzulli
The Triadich Renzulli – Monks
The Munich Model dari Kurt Heller
Anak Gifted,Anak BerinteligensiTinggi,AnakAjaib, Anak Genius, dan Anak Bertalenta
Gifted atau Anak Berinteligensi Tinggi?
jadi Apa Artinya Kreativitas?
Anak Ajaib (The Prodigy atau Wonder Kind)
Anak Genius
Anak Bertalenta
Dari Thhun ke Tahun: Perkembangan Anak Gifted
Bagaimana Gejalanya Sejak Bayi?
Bagaimana Pola Perkembangan SeorangAnak Gifted?
Perkernbangannya. Mempunyai Skala yang Besar (Dabrowski's Theory)
Mempunyai Lompatan Perkembangan
Disinkronitas atau Asinkronitas Perkembangan
Perkembangan Dari Periode ke Periode
Tahun-Tahun Pertama Hingga Usia 2,5 Tahun
Perkembangan Usia 2,54 Tahun
Perkembangan Usia 4-6 Tahun
Perkembangan Usia Sekolah Dasor (6-12 Tahun)
Usia Sekolah Lanjutan (12-18 Tahun)
Cepat Dewasa
Asyik Mengembangkan Talentanya
Kompetisi
Demi Masa Depon
Masalah-masalah Anak Gifted
Anak yangTak Bisa Dididik atau Anak Gifted?
Mengapa Anak Gifted-dapat Terjerat dalam
Diagnose Autisme atau ADHD?
Gifted Plus
Hambatan Prestasi Karena Apa?
No. Masalah Gangguan Primer
Masalah Gangguan Sekunder
Bagaimana Bedanya:Anak Bermasalah atau Anak Gifted?...'
Anak Gifted Sering Dipahami Sebagai Anak Bermasalah
Gaya Berpikir (Cognitive Style)
Cara Berpikir Auditory Learner vs.Visual Spatial Learner
Kekuatan Auditory Learner vs. Kekuatan Visual Learner
Kesadaran Akan Waktu vs. Kesadaran Akan Ruang
Tahap Pertahap vs. Global-Detail
Dari yang Mudah ke yang Sulit vs. Sulit dan SulitAdalah Lebih Mudah
Detail vs. Gambaran Global
Perintah SecaraVerbal vs. Memberikan Bentuk Gambar '
Komposisi vs. Pemecahan Masalah dalam Matematika
Andal dalam Mengucapkan Kata-kata vs.Kesulitan Mengeja
Menjelaskan Hasil Kerja Secara Berurutan vs.Tidak tahu Bagaimana Jalan Ceritanya
Mengulang Hafalan vs. Mendahulukan
Auditory Short-Term Memory vs. Visual Long-Term Memory
Pengulangan-pengulangan dan Driling vs. Gambaran Permanen
Belajar dari Instruksi vs. Membangun Cara-caranya Sendiri
Berpikir Konvergen vs. Berpikir Divergen
Dapat Memisahkan antara Belajar dan Emosi vs. Faktor Emosi Akan Memengaruhi Kegiatan Belajar
Tumbuh dan Berkembang Secara Harmonis vs. Mengalami Keticlaksinkronan Perkembangan
Berprestasi Secara Konsisten di Semua Bidang vs. Berprestasi di Bidang Khusus
Academically Tallented vs. Creativity Gifted
Cepat Berkembang vs. Berkembang Belakangan
Pendeteksian dan Permasalahannya
Ticlak Ada Check List yang Baku Saat Balita
Tumbuh Kembangnya Krusial—Deteksinya Semakin Sulit
Hindari Pelabelan?Tentu SajaTak Mungkin
Salah Penggunaan Spektrum Autisme
Gifted Underachiever
BAGIAN 3 MENDAMPINGI PENDIDIKAN TERNYATA SEGALANYA SANGAT RUMIT
School readiness
Menyiapkan Anak ke Sekolah
Penyusuaian Rencana Pendidikan dengan Taumbuh
Kembangannya
Mulai dengan Prasyarat yang Menclukung Pembelajaran
Prasyarat Pembelajaran
Inteligensi
Faktor yang Selalu Menjadi "Debar Sambal"
Inteligensi Sebuah Potensi Bawaan, Prestasi Adalah Perwujudan dari Potensi dan Pengasuhan/Pendidikan
Tiga Bentuk Inteligensi: Inteligensi A, B, C
Sisi Nature dari Inteligensi (Suclut Pandang Biologis) Genetik Sebagai Blue Print Perkembangan
Sisi Nurture dari Inteligensi (Lingkungan, Nutrisi, Pengasuhan, dan Pendidikan)
Tes Inteligensi, Perlukah?
Kapan Tes Dilakukan?
Bagaimana Stimulasi yang Sesuai
Personalitas dan Perkembangan Sosial Emosional
Pengaruh Skala Perkembangan yang Besar dan Disinkronitas Perkembangan
Perkembangan Emosi
Perkembangan Pemahaman dan Perasaan Terhadap Situasi Sosial
Membaca Kedalaman atau Perspektif Pesan Sosial
Eksplorasi Emosinya dan Kenalkan Padanya
Metakognisi dan Anxiety
Tuntutan yang Harus Adil dan Jujur
Kritis Terhadap Diri Sendiri, Perfeksionis,
dan Kefrustasian
Kritis, Seperti Mempunyai "Stoner" Terhadap Apa Pun
Bagaimana Kita Harus Bergaul dengan Keras Kepalanya
Faalangst, Masalah yangTersering Muncul
Konsep Diri yang Sering Jatuh
Bagaimana Mengatasi Konsep Diri yang Negatif?
Introvert, Menarik Diri Terbanyak pads Gifted Visual Spatial Learner
Kemarahannya Akan Dibawanya Saat Belajar
jangan Biarkan la Memanipulasi Orang Lain
Perlu Dibuatkan Struktur
Ketidak Percayaan Pada Kelelakiannya
Gifted Perempuan
Ajarkan Relasi dengan Teman Sebaya
Ajarkan Pentingnya Mampu Berfungsi dalam Kelompok
Mendukungnya
Reward & PunishmentTak Berguna Baginya
Kompromi, Janji, Konsisten dan Konsekuen Adalah
Strategi yang Dibutuhkannya
Utamakan Mendukung Faktor Kuatnya.
Kenalkan Dirinya pads Karakteristik Kuat dan Lemahnya.
Aktualisasi Keberbakatan
Potensi vs. Prestasi
Mengetahui Potensi? LihatTingkat Perkembangan Anak Bandingkan dengan Pola Normal
Potensi Terkuat
Pendidikan dan Bentuk Sekolah yang Cocok
Strategi Perluasan Jejaring Sekolah
Strategi Pendalaman Masalah
Loncat Kelas?
Pengkayaan (Enrichment) dan Pendalaman (Extention)
IEP (Individualized Education Program)
Perbaiki Kinerja dan Strategi Belajar
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar