Selasa, 04 November 2014

PERPSPEKTIF ISLAM TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN


Judul Buku : PERPSPEKTIF ISLAM TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN
Pengarang : Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A
Penerbit : Kencana
Cetakan  :  Ke-3
Tahun Terbit : 2014
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : 382 hlm
Kertas Isi : CD
Cover : Soft
Ukuran : 15 x 23
Berat : 500 gram
Kondisi : Baru
Harga :  Rp       80,000 diskon 15%
Bayar :  Rp       68,000
Stock : 1





PERPSPEKTIF ISLAM TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN
Pengarang: Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A
Penerbit: Kencana

DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN
Dasar Pemikiran
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode dan Pendekatan

BAB 2 PARADIGMA BARU PENDIDIKAN
Pendahuluan
Macam-macam Paradigms Baru Pendidikan
Penutup

BAB 3 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BELAJAR DAN MENGAJAR
Pengantar
Berbagai Istilah tentang Manusia
Berbagai Potensi Manusia
Penutup

BAB 4 STRUKTUR JIWA MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pengertian Jiwa dan Ilmu Jiwa
Struktur Kejiwaan Manusia
Hubungan Struktur Kejiwaan dengan Kegiatan Belajar Mengajar
Penutup

BAB 5. STRUKTUR FITRAH MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pengertian Fitrah Manusia
Struktur Fitrah Manusia
Hubungan Struktur Fitrah Manusia dan Kegiatan Belajar Mengajar
Penutup

BAB 6. KONSEP PEMBELAJARAN
Hakikat Belajar
Berbagai Teori tentang Pembelajaran
Tujuan Belajar dan Pembelajaran
Tingkat dan Jenis Karakteristik Peserta Didik dalam Kegiatan Belajar
Hubungan Tingkat dan Jenis Karakteristik Peserta Didik dengan Kegiatan Pembelajaran
Penutup

BAB 7. BERBAGAI ALIRAN DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Berbagai Aliran dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Aliran Konvergensi
Penutup

BAB 8. BERBAGAI KONSEP DAN TEORI PEMBELAJARAN
Pengantar
Teori Pembelajaran yang Bercorak Naturalisme dan Romantisme
Konsep Pendidikan Transmisi Kultural
Penutup

BAB 9. BERBAGAI PENDEKATAN DALAM BELAJAR­MENGAJAR
Pengantar
Pendekatan Individualistic
Pendekatan Kelompok
Pendekatan Campuran
Pendekatan Edukatif
Penutup

BAB 10. METODE PENGAJARAN
Pengertian Metode Mengajar
Kedudukan Metode Pengajaran
Macam-macam Metode Pengajaran
Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Metode Pengajaran
Penutup

BAB 11. KOMPONEN STRATEGI PEMBELAJARAN
Pengertian Strategi Pembelajaran
Komponen Strategi Pembelajaran
Penutup

BAB 12. PENDEKATAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) DAN KETERAMPILAN PROSES
Pengertian
Langkah-langkah Pendekatan CBSA dan Keterampilan Proses
CBSA dalam Pandangan Islam
Penutup

BAB 13. MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING (QT)
Pengertian
Prinsip-prinsip dalam Quantum Teaching
Penutup

BAB 14. MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL)
Pengertian
Desain Pembelajaran Model PBL
Kelebihan dan Kekurangan PBL
Pandangan Islam tentang PBL
Penutup

BAB 15. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKTIF LEARNING
Pengertian
Tahap-tahap Pelaksanaan
Beberapa Teknik Pembelajaran Partisipatif
Pandangan Islam tentang Interaktif dan Cooperatif Learning
Penutup

BAB 16. PENGEMBANGAN VARIASI BELAJAR MENGAJAR
Pengertian
Tujuan Variasi Belajar Mengajar
Prinsip-prinsip yang Perlu Dipertimbangkan
Berbagai Komponen Variasi Mengajar
Penutup

BAB 17. SUMBER, MEDIA, DAN ALAI PEMBELAJARAN
Sumber Pembelajaran
Media Pengajaran
Alat Pengajaran
Manfaat Sumber, Media, dan Alat Pengajaran
Pertimbangan dalam Memilih Sumber Pengajaran
Pertimbangan dalam Memilih Media Pengajaran
Pertimbangan dalam Memilih Alat Pengajaran
 Penutup

BAB 18. KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR
Pengertian Keberhasilan Belajar Mengajar
Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Mengajar
Keberhasilan Belajar Mengajar Menurut Ajar; Islam
Penutup

BAB 19. TEKNIK MENDAPATKAN UMPAN BALIK
Pengertian dan Tujuan
Teknik Mendapatkan Umpan Balik
Tinjauan Islam tentang Penggunaan Umpan Balik
Penutup

BAB 20. PENGELOLAAN KELAS
Pengertian dan Tujuan Pengelolaan Kelas
Berbagai Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas
Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
Pengelolaan Kelas dalam Pandangan Islam
Penutup

BAB 21. PENUTUP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar