Jumat, 10 Oktober 2014

PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI


Judul Buku : PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Pengarang : Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd
Penerbit : Kencana
Cetakan  : Cet. 5
Tahun Terbit : 2011
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : 214 hlm
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 15 x 23 cm
Berat : 500 gram
Kondisi : Baru
Harga :  Rp       44,000 diskon 15%
Bayar :  Rp       37,400
Stock : 1





PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Pengarang: Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd
Penerbit: Kencana

DAFTAR ISI

BAB 1 KONSEP DASAR KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Pendahuluan  
Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi 
Latar Belakang Munculnya KBK      
Karakteristik dan Tujuan KBK          
Guru dalam Implementasi KBK        

BAB 2 PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Asas Pengembangan KBK    
Prinsip-prinsip Pengembangan dan Pelaksanaan KBK          
Implikasi KBK Terhadap Pengembangan Aspek Pembelajaran        

BAB 3 MODEL DESAIN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Pengertian dan Jenis-jenis Desain Kurikulum
Model Desain Kurikulum Berbasis Kompetensi.       

BAB 4 PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM KONTEKS KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Empat Kekeliruan dalam Proses Belajar Mengajar
Mengajar dan Pembelajaran   
Makna Pembelajaran dalam KBK     

BAB 5 BELAJAR DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Dua Pandangan tentang Belajar
Belajar sebagai Perubahan Tingkah Laku      
Empat Pilar Pembelajaran      
Strategi Pembelajaran

BAB 6 PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Konsep Dasar dan Karakteristik CTL.          
Latar Belakang Filosofis dan Psikologis CTL           
Perbedaan CTI, dengan Pembelajaran Konvensional
Peran Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran   
Asas-asas dalam Pembelajaran CTL  
Langkah dan Contoh Penerapan Pembelajaran CTL  G Beberapa Hal Penting dalam Pembelajaran CTL

BAB 7 MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR
 Hakikat dan Pengertian MP PKB     
Latar Belakang Filosofis dan Psikologis MP PKB
Hakikat Kemampuan Berpikir dalam MP PKB         
Karakteristik MP PKB           
Perbedaan MP PKB dengan Pembelajaran Konvensional     
Langkah-langkah MP PKB    

BAB 8 KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Guru sebagai Jabatan Profesional      
Kompetensi Profesional Guru
Peran Guru dalam Proses Pembelajaran         

BAB 9 KETERAMPILAN DASAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Pendahuluan  
Keterampilan Dasar Bertanya (Questioning) 
Keterampilan Dasar Memberikan Penguatan (Reinforcement)         
Keterampilan Dasar Variasi Stimulus (Variation Stimulus)   
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran (Set Induction and Closure)         
Keterampilan Mengelola Kelas (Classroom Management)    

BAB 10 EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM BERBASISKOMPETENSI
Pendahuluan  
Evaluasi dan Pengukuran       
Fungsi Evaluasi          
Penilaian Berbasis Kelas        
jenis-jenis Evaluasi     

BAB 11 PENILAIAN PORTOFOLIO
Pengertian      
Perbedaan Tes dengan Portofolio      
Prinsip-prinsip Penilaian Portofolio   
Keunggulan dan Kelemahan Penilaian Portofolio     
Tahapan Pelaksanaan Penilaian Portofolic,    

DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP PENULIS




Tidak ada komentar:

Posting Komentar